Friday, October 4, 2013

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Posted by Unknown at 8:43 AM
Siapa yang ingin mulai berwirausaha? Yak, yang berminat pasti mengancungkan tangan. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk memulai berwirausaha? Yang pasti kita harus menyiapkan produk yang akan kita jual. Selanjutnya kita perlu untuk menetapkan segmen pasar sasaran yang akan kita tuju. Nah, kali ini penulis akan membahas mengenai segmentasi pasar dan analisis demografi yang harus kita tentukan.
Jangan bingung dulu, kita bahas satu persatu ya..
Menurut Jerry W Thomas (2007), segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Segmentasi pasar ini memudahkan kita untuk membagi – bagi konsumen menjadi kelompok – kelompok yang homogeny. Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran tiga tahap. Strategi pemasaran tiga tahap yaitu:
  1. Membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen.
  2. Memilih satu segmen atau lebih yang dijadikan target. Pemasar harus mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus yaitu produk, harga, saluran, dan/atau daya tarik promosi khusus untuk setiap segmen yang berbeda.
  3. Menentukan product positioning (posisi produk) sehingga dirasakan oleh para konsumen di setiap segmen yang dibidik sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran bersaing lainnya.
Tujuan dengan dilakukannya segmentasi pasar yaitu untuk menyusun strategi setiap segmen pasar, karena setiap segmen pasar memerlukan strategi pemsaran yang berbeda – beda. Contohnya jika kita lihat KFC untuk membidik pasar anak – anak, mereka menyiapkan paket khusus anak – anak seperti Chucky Kids Meal, disediakan hadiah berupa mainan anak – anak untuk setiap pembelian paket, iklan yang lebih menarik dengan mascot boneka KFC. Hal ini tentu berbeda jika KFC membidik pasar dewasa. Seperti itulah segmentasi pasar dan tujuan dari segementasi pasar tersebut.
Segmentasi pasar memiliki sembilan kategori utama yang dijadikan dasar untuk melakukan segmentasi, yaitu :

1. Segmentasi Geografis
2. Segmentasi Demografis
3. Segmentasi Psikologis
4. Segmentasi Psikografis
5. Segmentasi Sosial Budaya
6. Segmentasi Terkait Pemakaian
7. Segmentasi Situasi Pemakaian
8. Segmentasi Manfaat
9. Segmentasi Gabungan

Kali ini, saya akan menjelaskan segmentasi pasar dari karakteristik demografisnya. Karakteristik demografis yang paling sering digunakan yaitu :
  • Usia,
  • Gender (jenis kelamin),
  • Status perkawinan,
  • Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan, dsb.
Seperti contoh tadi, saya memberikan contoh segmentasi pasar dari usia yaitu anak – anak. Segmentasi Demografis dinilai memberikan informasi yang paling efektif dari segi biaya dan mudah diperoleh. Karena segmentasi demografis bersifat lebih spesifik pada satu individu mengenai usia, gender, pendapatan, pendidikan dan sebagainya. Selain itu, data – data demografis lebih mudah diukur daripada variable segmentasi yang lain.
Manfaat dari segmentasi pasar menurut (Porter, 1991), Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif

Sumber :
http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html

0 comments on "Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi"

Post a Comment

Poskan komentar

Friday, October 4, 2013

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Siapa yang ingin mulai berwirausaha? Yak, yang berminat pasti mengancungkan tangan. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk memulai berwirausaha? Yang pasti kita harus menyiapkan produk yang akan kita jual. Selanjutnya kita perlu untuk menetapkan segmen pasar sasaran yang akan kita tuju. Nah, kali ini penulis akan membahas mengenai segmentasi pasar dan analisis demografi yang harus kita tentukan.
Jangan bingung dulu, kita bahas satu persatu ya..
Menurut Jerry W Thomas (2007), segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Segmentasi pasar ini memudahkan kita untuk membagi – bagi konsumen menjadi kelompok – kelompok yang homogeny. Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran tiga tahap. Strategi pemasaran tiga tahap yaitu:
  1. Membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen.
  2. Memilih satu segmen atau lebih yang dijadikan target. Pemasar harus mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus yaitu produk, harga, saluran, dan/atau daya tarik promosi khusus untuk setiap segmen yang berbeda.
  3. Menentukan product positioning (posisi produk) sehingga dirasakan oleh para konsumen di setiap segmen yang dibidik sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran bersaing lainnya.
Tujuan dengan dilakukannya segmentasi pasar yaitu untuk menyusun strategi setiap segmen pasar, karena setiap segmen pasar memerlukan strategi pemsaran yang berbeda – beda. Contohnya jika kita lihat KFC untuk membidik pasar anak – anak, mereka menyiapkan paket khusus anak – anak seperti Chucky Kids Meal, disediakan hadiah berupa mainan anak – anak untuk setiap pembelian paket, iklan yang lebih menarik dengan mascot boneka KFC. Hal ini tentu berbeda jika KFC membidik pasar dewasa. Seperti itulah segmentasi pasar dan tujuan dari segementasi pasar tersebut.
Segmentasi pasar memiliki sembilan kategori utama yang dijadikan dasar untuk melakukan segmentasi, yaitu :

1. Segmentasi Geografis
2. Segmentasi Demografis
3. Segmentasi Psikologis
4. Segmentasi Psikografis
5. Segmentasi Sosial Budaya
6. Segmentasi Terkait Pemakaian
7. Segmentasi Situasi Pemakaian
8. Segmentasi Manfaat
9. Segmentasi Gabungan

Kali ini, saya akan menjelaskan segmentasi pasar dari karakteristik demografisnya. Karakteristik demografis yang paling sering digunakan yaitu :
  • Usia,
  • Gender (jenis kelamin),
  • Status perkawinan,
  • Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan, dsb.
Seperti contoh tadi, saya memberikan contoh segmentasi pasar dari usia yaitu anak – anak. Segmentasi Demografis dinilai memberikan informasi yang paling efektif dari segi biaya dan mudah diperoleh. Karena segmentasi demografis bersifat lebih spesifik pada satu individu mengenai usia, gender, pendapatan, pendidikan dan sebagainya. Selain itu, data – data demografis lebih mudah diukur daripada variable segmentasi yang lain.
Manfaat dari segmentasi pasar menurut (Porter, 1991), Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif

Sumber :
http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html

No comments:

Post a Comment

Poskan komentar

 

DreamCatcher Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez