Tuesday, October 22, 2013

Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan Konsumen

Posted by Unknown at 3:56 PM
Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. Dalam memahami konsumen, produsen perlu mengetahui sumber daya konsumen. Terdapat 3 sumber daya konsumen, yaitu :
1. Sumber daya ekonomi
Di dalamnya terdapat sumber daya alam yaitu yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Selain itu, sumber daya manusia (human resources) juga termasuk ke dalam sumber daya ekonomi ini.
2. Sumber daya temporal (Waktu)
Pada sumber daya ini, waktu menjadi salah satu faktor yang penting. Semakin sibuk konsumen, produsen harus lebih memahami agar konsumen dapat melakukan pembelian walaupun pada waktu yang sempit.
3. Sumber daya kognitif
Pada sumber daya ini, kognitif merupakan kemampuan untuk merepresentasikan dan mengolah informasi oleh konsumen.

Pengetahuan
Pengetahuan yang dimiliki konsumen akan mempengaruhi keputusannya dalam membeli.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1. Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk merupakan kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Di dalamnya terdapat pengetahuan mengenai atribut produk, manfaat produk, dan kepuasan produk konsumen.

2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan konsumen tentang bagaimana mendapatkan produk tersebut, lokasi dan sebagainya.
Perilaku membeli konsumen diantaranya yaitu :
1. Store Contact
Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2. Product Contact
Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3. Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.

3. Pengetahuan Pemakaian
Pengetahuan konsumen tentang pemakaian yaitu pengetahuannya mengenai manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. hal ini didapatkan dari informasi lengkap yang diberikan oleh produsen. semakin lengkap informasinya, maka semakin jelas dan banyak pengetahuan pemakaian yang dapat diterima oleh konsumen.

3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang
maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.

Dea
 
Sumber : http://aditnobaka.wordpress.com/2010/10/08/pengertian-konsumen/
http://ayukemala.wordpress.com/2012/12/14/sumber-daya-konsumen/
http://arie-dwiputra.blogspot.com/2013/01/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html

0 comments on "Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan Konsumen"

Post a Comment

Poskan komentar

Tuesday, October 22, 2013

Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan Konsumen

Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. Dalam memahami konsumen, produsen perlu mengetahui sumber daya konsumen. Terdapat 3 sumber daya konsumen, yaitu :
1. Sumber daya ekonomi
Di dalamnya terdapat sumber daya alam yaitu yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Selain itu, sumber daya manusia (human resources) juga termasuk ke dalam sumber daya ekonomi ini.
2. Sumber daya temporal (Waktu)
Pada sumber daya ini, waktu menjadi salah satu faktor yang penting. Semakin sibuk konsumen, produsen harus lebih memahami agar konsumen dapat melakukan pembelian walaupun pada waktu yang sempit.
3. Sumber daya kognitif
Pada sumber daya ini, kognitif merupakan kemampuan untuk merepresentasikan dan mengolah informasi oleh konsumen.

Pengetahuan
Pengetahuan yang dimiliki konsumen akan mempengaruhi keputusannya dalam membeli.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1. Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk merupakan kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Di dalamnya terdapat pengetahuan mengenai atribut produk, manfaat produk, dan kepuasan produk konsumen.

2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan konsumen tentang bagaimana mendapatkan produk tersebut, lokasi dan sebagainya.
Perilaku membeli konsumen diantaranya yaitu :
1. Store Contact
Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2. Product Contact
Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3. Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.

3. Pengetahuan Pemakaian
Pengetahuan konsumen tentang pemakaian yaitu pengetahuannya mengenai manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. hal ini didapatkan dari informasi lengkap yang diberikan oleh produsen. semakin lengkap informasinya, maka semakin jelas dan banyak pengetahuan pemakaian yang dapat diterima oleh konsumen.

3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang
maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.

Dea
 
Sumber : http://aditnobaka.wordpress.com/2010/10/08/pengertian-konsumen/
http://ayukemala.wordpress.com/2012/12/14/sumber-daya-konsumen/
http://arie-dwiputra.blogspot.com/2013/01/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html

No comments:

Post a Comment

Poskan komentar

 

DreamCatcher Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez