Pada pembahasan
sebelumnya mengenai evaluasi alternative sebelum pembelian akan menghasilkan
pembahasan kita pada hari ini yaitu pembelian. Menurut Bodnar dan Hopwood
(2001:323) “Procurement is the business process of selecting a source,
ordering, and acquiring goods or services.” Kurang lebih, ia mengartikan bahwa
pembelian merupakan proses bisnis dalam pemilihan sumber daya, pemesanan dan
perolehan barang atau jasa. Dari kalimat tersebut, pemilihan adalah proses
evaluasi alternative yang telah kita gunakan dan telah dihadapkan pada
penentuan produk dalam memenuhi kebutuhan. Langkah selanjutnya yaitu keputusan
pembelian. Definisi tersebut diperkuat dengan definisi menurut Schiffman dan
Kanuk (2000 :437) yaitu “the selection of an option from two or alternative
choice”.
Menurut Philip
Kotler (2005:203) ada empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu:
1.
Faktor budaya
Faktor budaya disini terdiri dari
kultur, sub kultur dan kelas social.
2.
Faktor social
Faktor social terdiri dari kelompok,
keluarga & peran dan status.
3.
Faktor pribadi
Faktor pribadi terdiri dari usia dan tahap daur
hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi dan gaya
hidup
4. Faktor
psikologis
Faktor
psikologis terdiri dari kepribadian dan konsep diri, motivasi, persepsi, pembelajaran
dan kepercayaan & sikap.
Sumber
:
http://bonteng.wordpress.com/2009/11/16/keputusan-pembelian/http://blogdeee.blogspot.com/2011/10/pembelian.html
http://bonteng.wordpress.com/2009/11/16/keputusan-pembelian/http://blogdeee.blogspot.com/2011/10/pembelian.html
0 comments on "Pembelian"
Post a Comment
Poskan komentar