Proses pengambilan
keputusan oleh konsumen berada pada tahapan keempat di dalam proses keputusan
pembelian. Seorang konsumen pasti melalui lima tahap dalam membeli suatu
produk. Berikut tahapan konsumen hingga mencapai keputusan pembelian, yaitu :
- Pengenalan kebutuhan
Proses
awal pembelian disadari konsumen ketika merasa bahwa ia memiliki kebutuhan
untuk dipenuhi. Kebutuhan tersebut dapat dipicu oleh faktor eksternal maupun
faktor internal.
- Pencarian informasi
Ketika
kebutuhan atau masalah tersebut sudah disadari, maka konsumen akan mulai
mencari produk yang dapat memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini, konsumen dapat
berperan aktif untuk memilih produk – produk pemuas kebutuhannya. Tidak jarang,
pemasarlah yang harus aktif menyusun strategi agar mereknya lebih dikenal dan
melekat dalam ingatan konsumen
- Evaluasi Alternatif
Konsumen
melakukan evaluasi alternative pada produk – produk yang ditemukannya dalam
tahapan pencarian informasi. Konsumen berusaha mencari manfaat terbesar yang
dicarinya dari beragam produk. Masing – masing konsumen memiliki pandangan yang
berbeda – beda untuk tiap produk sesuai dengan atribut yang ia anggap paling
menonjol.
- Keputusan Pembelian
Nah,
pada titik klimaks pada proses pengambilan keputusan. Di dalam keputusan
pembelian ini ada dua faktor yang dapat mengintervensi keputusan dalam
pembelian. Faktor pertama yaitu sikap orang lain dan faktor kedua yaitu faktor –
faktor situasional yang tidak diantisipasi.
- Perilaku purnabeli
Pada
tahapan ini, kepuasan konsumen adalah pertanyaannya. Apakah konsumen puas atau
tidak dengan produk yang dibelinya? Jika puas maka ada kemungkinan aka nada pembelian
ulang atau justru malah menciptakan word
of mouth yang negative. Dea
Sumber
: Thamrin, Abdullah. 2012. Manajemen
Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
0 comments on "Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen"
Post a Comment
Poskan komentar