Senin, 15 April 2013. BEM FE Universitas Gunadarma
mengadakan rangkaian acara dalam The
Trilogy of Gunadarma Entrepreneurship Spirit 2013. Acara ini menghadirkan 2
sesi seminar pada satu hari, yaitu pada pukul 08.00 dan 13.00 WIB. Seminar
kewirausahaan yang diadakan oleh BEM FE Universitas Gunadarma ini
memperoleh respon positif dari mahasiswa
gunadarma, khususnya mahasiswa – mahasiswa yang begitu tertarik pada dunia
usaha. Tidak hanya itu, pembicara yang
dihadirkan pun sangat menarik antusiasme mahasiswa. Salah satu pembicara adalah
pemilik Kebab Turki Baba Rafi sekaligus pendiri 3 perusahaan, Hendy Setiono.
Sayangnya, saya hanya dapat menghadiri satu seminar saja dan kebetulan memang
saya mengincar seminar pukul 13.00 WIB tersebut. Harapannya sih dapat sharing
langsung karena di seminar sebelumnya saya gagal untuk sharing langsung L dan kali ini
saya berhasil J. Ahaha.
Disinilah letak keseruan tersendiri ketika kita
berusaha mencari ilmu dari cara yang berbeda. Membaca buku, mengikuti seminar
dan hanya melihat dari televisi. Mencari ilmu lewat seminar dengan pembicara
yang bagus itu seperti makan daging langsung ke daging – dagingnya. Sluuurrrp~
sedikit lebay sih tapi memang benar lho. Dari sekedar membaca, kemudian bisa
berinteraksi langsung sambil mendengarkan rasanya itu puas sekali. Belum lagi
bisa bertanya to the point (curhat). Kereeeen kan?
Nah, disini saya akan membahas ilmu dari seminar
yang telah saya hadiri. Seminar yang dimoderatori oleh Febrizky Yahya, pemenang
Putri Kewirausahaan Kreatif 2012 itu dipandu dan berlangsung kurang lebih selama
2,5 jam.
Pembicara pertama yaitu Dr. Handito Joewono. Di awal
presentasinya, Beliau menyampaikan 3 kelompok wirausaha, yaitu :
1. Wirausaha karena keluarganya pengusaha
Seorang wirausahawan yang sukses terlahir karena
keluarganya pengusaha. Biasanya disebut 2nd Generation atau generasi kedua
yaitu pengusaha yang diciptakan karena meneruskan usaha keluarga dan tinggal
mengembangkan. Hal ini pun tidak mudah karena akan ada efek shock karena tidak
siap dengan posisi yang tiba – tiba di puncak.
2. Wirausaha karena kecelakaan (tidak
direncanakan)
Biasanya pengusaha jenis ini lahir karena kepepet
atau coba – coba, sehingga tanpa direncakan menjadi seorang wirausaha.
3. Wirausaha karena dibentuk
Kelompok wirausaha jenis ini melewati beberapa
tahapan mulai dari perekrutan, pengembangan, pemantapan hingga menjadi seorang
wirausaha sukses.
Dewasa ini, seorang wirausaha lebih banyak dibentuk
melalui pencangkokan program- program kewirausahaan yang telah berhasil.
Menurut saya, program ini sangat bagus mengingat pentingnya kita menelusuri
peta usaha wirausahawan yang telah berhasil untuk dapat kita follow up.
Setidaknya, kita dapat mencoba letak keberhasilannya dan mengurangi tingkat
kegagalannya. Tidak hanya itu, proses perekrutannya menurut beliaupun turut
menjadi langkah awal dari penciptaan wirausahawan yang sukses seperti
diutamakan yang berlatar pendidikannya baik. Walaupun, nyatanya banyak sekali
wirausahawan sukses yang tidak mengenyam pendidikan tinggi, seperti Bob Sadino
dan banyak lagi contoh lainnya.
Menurut Beliau, “entrepreneurship is the passion to create a
new bussiness” (Handito Joewono, 2011). Jiwa kewirausahaan adalah
gairah untuk menciptakan sebuah bisnis baru. Nah, menciptakan disini bukan
hanya menciptakan sebuah usaha saja. Karena menciptakan sebuah usaha sangat
mudah. Namun, bagaimana agar usaha tersebut tidak hanya tercipta tetapi juga dapat
bersaing, berkembang dengan usaha lainnya.
Pada seminar ini, Beliau menayangkan 3 merek kopi
terkenal untuk dapat kami bandingkan kopi mana yang lebih menarik iklan TV nya?
Hampir semua memilih kopi jenis B yang iklannya lebih mengutamakan keunggulan
produk didalamnya daripada kopi jenis A yang lebih terkenal. Padahal kopi jenis
A dan C lebih sering ditayangkan di televisi dan mereknya pun lebih dikenal di
Indonesia. Ternyata oh ternyata, kopi jenis B ini mampu menanamkan mindset
kepada penduduk di Indonesia tentang keunggulannya dan mampu menarik market
share lebih banyak tanpa porsi iklan yang berlebihan. Hal itu merupakan salah
satu cara memaksimalkan perolehan konsumen melalui iklan televisi. Lalu,
bagaimana dengan bisnis kecil? Beliau menyarankan untuk mengedepankan kualitas
sehingga tipe promosi mulut ke kuping (maksudnya, mulut ke mulut atau yang
dikenal dengan word of mouth..hehe) lebih efektif dan membuat bisnis tersebut cepat berkembang.
Selanjutnya, beliau menjawab pertanyaan – pertanyaan
yang diajukan. Bagaimana mengubah mindset menjadi seorang wirausaha? Cara –
caranya adalah :
-
Mengikuti
seminar – seminar kewirausahaan yang dapat membangkitkan semangat
kewirausahaan.
-
Menonton
program – program TV seperti entrepreneurship channel
-
Melalui
program penempaan
-
Melalui
program pengembangan, dsb.
Segala ilmu kewirausahaan dapat dicapai ketika
adanya keberanian untuk memulai, tidak hanya modal nekat. Selain itu, perlu
belajar ilmu usaha yang baik.
Bagaimana jika kita ingin mengembangkan sebuah
bisnis? Intinya Baliau menyampaikan untuk tidak bergantung pada pemerintah dan
menciptakan bisnis yang kreatif. Beliau memaparkan bagaimana mengembangkan
bisnis baru seperti halnya belajar naik sepeda (Evan RJ, 2006). Proses tersebut
diadopsi dari anaknya dan kemudian menginspirasi dirinya, yaitu :
1. Push the pedal
Lakukan bisnis yang ingin dimulai. Jalankan
bisnisnya!
2. Concentrate
Fokuslah dengan tujuan – tujuan di dalam bisnis
3. Balance it
Seimbangkan dengan ilmu – ilmu yang belum dan telah
dipelajari
4. Dont be afraid
Jangan takut untuk jatuh dan memilih partner yang
baik sehingga dorongan untuk maju dan kekuatan untuk dapat bertahanpun kita
miliki.
5. Then you’re done
Lalu, bisnismu akan mulai berjalan.
Selanjutnya, bagaimana cara kita memilih orang yang
dapat bekerja sama? Beliau menjelaskan pentingnya mencari partner yang kuat di
dalam berbisnis dan kuat sebagai pembimbing. seperti dosen, pebisnis yang telah
sukses, dan sebagainya sehingga dorongan, kekuatan dan langkah – langkah
keberhasilannya dapat kita terapkan. Dan ketika bisnis kita mati, maka kuburlah
bisnis yang mati dengan baik sehingga dapat muncul bisnis baru dengan awal yang
baik.
To be continued……
0 comments on "Serunya Seminar “Find Your Success with THE BEST Marketing Startegy” !! (PART 1)"
Post a Comment
Poskan komentar