Pak Hendy Setiono yang humoris dan komunikatif ini
menyampaikan kunci suksesnya yaitu belajar dari orang – orang yang telah sukses
kemudian ciptakanlah bisnis yang kreatif dari segi produk dan cara menjual.
Produk sebagus apapun jika tidak mengetahui cara menjual yang baik bahkan
sebaliknya maka sama saja bohong. Nah, produk yang kreatif + cara menjual yang
baik = LAKU. Oleh karena itu, ciptakanlah ide – ide bisnis yang kreatif, out of the box!
Selain
itu, Beliau pun menyampaikan latar belakang pengusaha yang berbeda – beda,
yaitu :
1. The Professor
Yaitu pengusaha yang hadir karena kemampuannya
mengelola perusahaan yang hampir bangkrut atau memang sudah bangkrut menjadi
lebih baik bahkan menjadi bisnis yang besar. Kalau menurut saya, contohnya
seperti Hary Tanoesoedibjo, dll.
2. Mama’s boy
Yaitu pengusaha yang merupakan 2nd generation dan
sama jenisnya seperti kelompok wirausaha karena keluarga.
3. The street fighter
yaitu pengusaha yang memang memiliki mimpi yang
besar dan komitmen yang kuat. Jenisnya sama seperti wirausaha yang dibentuk dan
berhasil.
Tidak hanya itu, ia pun menyampaikan implementasi
cara kerja yang berbeda – beda dan bertahap, yaitu :
1.
I
am the superman
Pengusaha pakih
melakukan hal – hal operasionalnya seorang diri dan ruang lingkup kerjanya
besar dan luas.
2.
Team
with a superman
Pada kategori
ini, ia pakih terlibat di dalamnya walaupun sudah ada tim yang dapat
membantunya bekerja.
3.
Delegated
Responsibility
Yaitu
mendelegasikan tanggung jawabnya kepada orang – orang yang telah ia percaya,
bisa menyewa tenaga ahli ataupun bawahan yang sudah dilatihnya. Ia sudah tidak
berperan aktif disini.
4.
Intrapreneur
Nah, pada
intrapreneur disini ia membawahi tim- tim yang mampu bertanggung jawab terhadap
apa yang telah ia delegasikan. Tidak hanya satu tim namun beberapa tim.
Contohnya dapat kita lihat, kemampuannya memanajemen 1000 cabang yang ada di
seluruh Indonesia.
Sebagai seorang pengusaha, ia
berpesan untuk selalu berinovasi setiap saat. Beliaupun memberikan tips – tips
berinovasi di setiap aspek, yaitu :
1. Makanan dan pelayanan
Ketika berbisnis makanan, buatlah inovasi dari segi
rasa, makanan hingga pelayanan yang lain daripada yang lain.
2. Fasilitas
Fasilitas yang tersedia pun dibuat sekreatif mungkin
sehingga mendatangkan konsumen lebih banyak.
3. Booth Concept
Buatlah konsep booth atau yang dikenal rombong
sekreatif dan seunik mungkin.
4. Media communication
Bangunlah pepakaran dengan komunikasi media yang
gratis hingga berbayar. Manfaatkan jejaring sosial yang tersedia.
Nah, apa yang dilakukan Pak Hendy Setiono tidaklah
mudah. Berpindah kuadran dari seorang self employment menjadi seorang bussiness
owner seperti sekarang ini apa rahasianya? Inilah yang menjadi pertanyaan
menarik bagi saya. Menurut beliau, ketika kita adalah seorang self employment,
aset utama kita adalah kita harus bisa jualan. Ini yang akan menjadi penopang
bagi bisnis kita. Nah, ketika kita ingin menjadi seorang bussiness owner, kita
harus mampu membentuk tim menajemen yang baru. Bagaimana kita dapat
merealisasikan ide melalui tangan – tangan orang lain. Perhatikan! Untuk
menjadi bussiness owner, aset perusahaan bukanlah neraca tetapi manajemen.
Sehingga investasi akan kembali dalam benuk manajemen yang baik dan semuanya
harus dilakukan bertahap. Lagi – lagi, tidak ada yang instan.
Satu lagi, tips penting untuk yang ingin membuka
tempat wirausaha. Menurut Pak Hendy Setiono, jika kita ingin bisnis kita lebih
dikenal dan menarik lebih banyak konsumen, jangan takut untuk bayar lokasi
lebih mahal. Dengan berani berinvestasi seidkit lebih mahal, maka omzet juga
akan lebih tinggi. Hal itu akan selaras jika konsep – konsep inovasi diataspun
dilakukan. Check. ;)
0 comments on "Serunya Seminar “Find Your Success with THE BEST Marketing Startegy” !! (PART 2)"
Post a Comment
Poskan komentar